Sabtu, 16 Oktober 2010

Tentang Mesin

KEMAMPUAN MESIN
Kecepatan Maksimum
Diukur dalam kondisi GVW di jalan datar beraspal tanpa angin dalam satuan km/jam atau mpm (mile per hour)

Pemakaian Bahan Bakar (Fuel Consumption)
Penggunaan bahan bakar (fuel consumption) adalah salah suatu ukuran berapa banyak bahan bakar yang digunakan suatu mesin atau kendaraan pada suatu jarak tertentu, dan ini menunjukkan seberapa jauh efisiensi mesin atau kendaraan dilihat dari pemakaian bahan bakarnya.
Untuk menunjukkan pemakaian bahan bakar digunakan dua metode yang berbeda. Metode pertama dengan menjalankan kendaraan pada jarak tertentu dan bahan bakar yang diperlukan diukur. Satuan unit yang digunakan adalah liter per 100 km (1/100 km). Metode ini lebih mudah kita pahami akan tetapi ada juga yang mengukur jarak yang dapat ditempuh dengan sejumlah bahan bakar tertentu. Satuannya adalah km per liter (km/l) atau mile per gallon (mpg).
Nilai ini (1/100 km, km/l atau mpg) digunakan untuk membandingkan pemakaian bahan bakar dari suatu kendaraan pada macam-macam kondisi pengendara.


Kemampuan Daya Tanjak Maksimum
Kemampuan kendaraan untuk mendaki dengan beban spesifikasi (G.V.W). Tingkat maksimum dari suatu kendaraan dapat mendaki diperoleh dengan persamaan sebagai berikut: Ketinggian B yang ditentukan dari garis datar sejauh A yang dilalui. Sudut tanjakan ) (theta) di dapat dengan membagi B/A. Bila A = 100, B = 20 maka


    θ =  B/A  - 20 /100 = 0.2

Dan ini sama dengan daya tanjak maksimum.
Maksimum gradeability masih berupa kemampuan teoritis, kenyataannya mungkin tidak dapat menanjak karena gesekan ban dengan jalan.

Minimun Turning Radius
Yaitu radius terkecil kendaraan dapat membelok perlahan-lahan pada tempat yang datar dan rata dengan posisi kemudi membelok penuh. Garis lingkarannya dibentuk oleh bagian body paling luar atau oleh garis tengah roda outer.


SPESIFIKASI MESIN
Susunan Silinder
Susunan silinder yang digunakan pada umumnya adalah sebagai berikut:

.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar