Senin, 28 Februari 2011

Soal Memperbaiki Sistem Pengisian


1. Pada saat kunci kontak ON terminal regulator yang teraliri arus listrik adalah ... .
a.  B, Ig, L
b.  E, N B
c.  F, N, B
d.  F, B, N
e.  L, Ig, F

2. Saat melakukan pengujian tanpa beban pada terminal B tegangan yang dihasilkan
melebihi tegangan nominal. Tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi hal tersebut
diatas!
a. Ganti rotor coil
b. Setting Voltage Regulator
c. Ganti sikat arang (brush)
d. Ganti stator coil
e. Setting Voltage Relay

3. Pada saat kunci kontak on mesin mati, lampu CHG menyala. Aliran arus pada saat itu adalah ….












a. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- Po-P1 dan masa
b. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- P2-P0 dan B
c. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- P2-P0 dan masa
d. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- P2-P0 dan masa
e. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- Po-P1 dan B

4. Perhatikan gambar rangkaian komponen sistem pengisian berikut ini!












Nomor 2, 3, dan 8 pada rangkaian tersebut adalah terminal...
a.  N alternator, F alternator, dan L regulator
b.  B alternator, F alternator, dan L regulator
c.  F alternator, B alternator, dan IG regulator
d.  B alternator, N alternator,  dan IG regulator
e.  B alternator, F alternator, dan N regulator

5. Perhatikan gambar pemeriksaan komponen alternator berikut ini!










Gambar nomor 1, 2, dan 5 adalah jenis pemeriksan…
a.  Kebocoran komponen rotor, kebocoran komponen stator, dan terminal B terhadap
     rectifier
b.  Kebocoran komponen rotor, hubungan terbuka kumparan stator, dan terminal B
     terhadap rectifier
c.  Hubungan terbuka kumparan rotor, hubungan terbuka kumparan stator, dan
     terminal B terhadap rectifier
d.  Hubungan terbuka kumparan rotor, kebocoran komponen stator, dan
     terminal B terhadap rectifier
e.  Hubungan terbuka kumparan stator, kebocoran komponen rotor, dan
     terminal B terhadap rectifier

6. Cara  kerja  alternator  yang  menggunakan regulator  tipe  kontak  point,  apabila
kunci kontak "ON" mesin  belum  hidup,  maka yang  terjadi  adalah  ....
a.  rotor  coil menjadi  magnet,  voltage relay  menjadi  magnet
b.  rotor  coil menjadi  magnet,  akan terjadi  arus  output
c.  rotor  coil menjadi  magnet,  arus melewati  resistor
d.  rotor  coil menjadi  magnet,  lampu CHG  OFF
e.  rotor  coil menjadi  magnet,  lampu  CHC ON

7. Fungsi system pengisian pada kendaraan adalah……...
a.  Untuk mensuplay arus listrik ke baterai dan sistem penerangan
b.  Untuk mensuplay arus listrik ke baterai dan sistem pengapian
c.  Untuk mensuplay arus listrik ke baterai dan sistem stater
d.  Untuk mensuplay arus listrik ke baterai
e.  Untuk mensuplai arus listrik ke baterai dan seluruh sistem kelistrikan
     pada kendaraan

8. Pada komponen system pengisian yang berfungsi untuk menyearahkan arus
bolak-balik menjadi arus searah adalah…..
a.  rotor coil
b.  diode rectifier
c.  stator coil
d.  kondenser
e.  kapasitor

Soal Memelihara/Servis Sistem AC

1.
Refrigerant berubah dari bentuk gas menjadi cair terjadi pada .....
a. kompresor
b. dryer
c. evaporator
d.  kondensor
e. katup ekspansi

2.
Pada evaporator terbentuk kristal es, komponen yang rusak adalah ....
a. thermostat
b. kondensor
c. kompresor
d. blower
e. fan

3.
Komponen ini berfungsi untuk menampung sementara freon yang mengaalir dan memisahkan kandungan air dalam sistem. Ini dinamakan….
a. kompresor
b. dryer
c. evaporator
d. kondensor
e. katup ekspansi

4.
Pemyataan  yang  tidak  tepat  tentang  fungsi  sistem  AC  (air  conditioner)  mobil  adalah....
a,  mengotroltemPeratur
b.  memurnikantemperatur
c.  mengontrol  kelembaman
d.  mengontrol  sirkulasi  udara
e.  memumikan  udara  (Purification)

5.
Perhatikan  gambar  sistem  AC mobil  di bawah  ini!












Kodisi  freon  pada  saluran  nomor  3 sampai  4 pada saat mesin hidup adalah....
a.  cairan  tekanan  rendah  dan  temperatur rendah
b.  gas  tekanan  rendah  dan  temperatur  rendah
c.  cairan  tekanan  tinggi  dan  temperatur  tinggi
d.  gas  tekanan  tinggi  dan  temperatur  tinggi
e.  cairan  tekanan  rendah  temperatur  tinggi

6.
Untuk menambah kenyamanan dalam ruang kendaraan dibutuhan sistem pendinginan, agar zat pendingin yang digunakan sebagai media pendinginan dapat bersirkulasi pada rangkaian / sistem AC, maka diperlukan ……….
a.       Kondensor.
b.      Pipa kapiler.
c.       Evaporator.
d.      Kompresor.
e.       Gelas kaca.

7.
Bagian sistem Air Conditioner yang berfungsi untuk menghubung dan memutuskan poros kompresor dengan poros mesin dan harus dapat bekerja berdasarkan temperatur evaporator adalah …………….
a.       Kopling Magnet
b.      Thermostat
c.       Katup Expansi
d.      Motor blower evaporator
e.       Motor kipas kondensor

8.
Komponen yang memiliki fungsi mengalirkan refrigerant pada AC mobil adalah :
a.      Evaporator
b.     Expansion valve
c.      Compressor
d.     Sigh glass
e.      Condensor

9.
Untuk mengetahui besarnya tekanan pada system AC peralatan servis yang digunakan serta pemasangannya adalah …
a.    Manifold gauge – condenser
b.    Manifold gauge – Compressor
c.    Manifold gauge  - dryer
d.   Manifold gauge – expansi valve
e.    Manifold gauge – evaporator

10.
Refregerant pada bagian diantara kompresor dan kondensor dalam kondisi mesin hidup  AC dihidupkan adalah :
a.       High pressure – gas
b.      Low pressure – gas
c.       High pressure – liquid
d.      Low pressure – liquid
e.       Low pressure – gas and liquid

11.
Urutan aliran refrigerant pada system AC mobil adalah:
















  
a.       Compresor – Condensor – receiver dryer  – Expansi valve – Evaporator
b.      Compresor – Condensor – receiver dryer – Evaporator – Expansi valve
c.       Compresor – Condensor – Evaporator - receiver dryer  – Expansi valve
d.      Compresor – Condensor – receiver dryer– Expansi valve – Evaporator – receiver dryer
e.       Compresor – Condensor – Evaporator  – Expansi valve - receiver dryer



Soal merawat/servis ringan mesin EFI


1. Pada mesin jenis EFI untuk mendapatkan campuran bahan bakar dan
udara yang sesuai diperlukan informasi data dari … .
a. actuator                                                          
b. air valve                                                        
c. ECU
d.  injector
e.  sensor-sensor

2. Fungsi  Air Flow Meter  yang  terdapat  pada  sistem  EFI  tipe
" L-Type " adalah  ....
a.  mengukur  jumlah udara  yang  mengalir  melalui  intake  manifold
b.  mengukur  temperatur  udara  yang  masuk  ke  intake  manifold
c.  mengukur  jumlah bahan  bakar  yang  diinjeksikan
d.  mengatur  arus  yang  mengalir  ke ECU
e.  mengukur  temperatur  kerja  mesin

3. Oxygen sensor berfungsi untuk....
a.  mendeteksi kadar oksigen di ruang bakar                                                            
b.  mendeteksi kadar oksigen di saluran buang   
c.  mendeteksi kadar oksigen di saluran masuk
d. mendeteksi kadar oksigen dan nitrogen di saluran buang
e.  mendeteksi kadar oksigen dan nitrogen di saluran masuk

4. Komponen yang mendeteksi jumlah udara masuk melalui intake manifold
pada mesin EFI tipe “D” adalah....
a.  air valve                                                        
b. air chamber                                                   
c. air flow meter
d.  throttle position sensor
e.   manifold absolute pressure sensor


5. Air flow meter pada sistem EFI tipe “L – Type” berfungsi....
a.  mengukur  temperatur  udara  yang masuk melalui ke  intake  manifold
b.  mengukur  jumlah udara  yang  mengalir  melalui  intake  manifold
c.  mengukur  jumlah bahan  bakar  yang  diinjeksikan
d.  mengatur  arus  yang  mengalir  ke ECU
e.  mengukur  temperatur  kerja  mesin

6. Manifold absolute pressure sensor berfungsi untuk....
a.  mendeteksi kerja engine temperature sensor
b.  mendeteksi kerja air temperature sensor
c.  mendeteksi tekanan intake manifold
d.  mendeteksi tekanan air pendingin
e.  mendeteksi tekanan bahan bakar

7. Untuk mendeteksi jumlah udara yang mengalir dalam saluran masuk pada sistem
EFI tipe L adalah....
a.  air valve                                                        
b. air chamber                                                   
c. air flow meter
d.  throttle position sensor
e.   manifold absolute pressure sensor


8. Sensor yang mengukur perubahan tekanan udara yang terjadi pada saluran masuk
yang disebabkan oleh putaran dan beban motor pada sistem EFI adalah....
a.  TPS sensor                                                  
b.  MAP sensor                                                
c.  Oxygen sensor
d.  WTS
e.  Starter signal

9. Untuk mengontrol jumlah udara yang masuk dalam ruang bakar dan mendeteksi
posisi katup gas pada sistem EFI digunakan....
a.  air flow meter
b.  water temperature sensor
c.  oxygen sensor
d.  throttle position sensor
e.  ignition signal

10. Jika water temperature sensor pada sistem EFI memberikan data ke ECU kondisi
mesin dingin maka campuran bahan bakar dan udara menjadi....
a.  normal
b.  kurus
c.  gemuk
d.  ekonomis
e.  bertambah

11. Pemeriksaan pada injector sistem EFI adalah sebagai berikut, kecuali....
a.  tahanan dan kebocoran
b.  jumlah injeksi dan kebocoran
c.  jumlah injeksi dan arah penyemprotan
d.  tekanan dan jumlah injeksi
e.  kerja injector dan arah penyemprotan

12. Untuk meningkatkan kemampuan menghidupkan mesin pada saat mesin masih dingin
pada mesin EFI menggunakan....
a. Pelampung                                                
b. Air Flow meter                                          
c. Throtle valve
d. Katup Choke
e. Cold start injection

13. Pada system bahan bakar injeksi elektronik, sensor yang berfungsi mengontrol tekanan
udara yang masuk ke dalam intake manifold adalah ....
a.  Air flow meter
b.  Throtle position sensor
c.  Manifold pressure sensor
d.  Intake air temperature sensor
e.  Air intake chamber

14. Sensor pada system injeksi bensin yang berfungsi untuk mengontrol jumlah udara yang
masuk ke dalam intake manifol adalah....
a.  Throtle position sensor
b.  Manifold pressure sensor
c.  Intake air temperature sensor
d.  Air intake chamber
e.  Air flow meter

15. Yang bukan sensor pada system injeksi bensin (EFI) adalah...
a. Sensor kecepatan putaran mesin
b. Sensor volume udara yang masuk ke intake manifold
c. Sensor volume bahan bakar pada tangki bensin
d. Sensor pembukaan katup gas
e. Sensor temperature udara masuk