1. | Pada saat kunci kontak ON terminal regulator yang teraliri arus listrik adalah ... . a. B, Ig, L b. E, N B c. F, N, B d. F, B, N e. L, Ig, F | |
2. | Saat melakukan pengujian tanpa beban pada terminal B tegangan yang dihasilkan melebihi tegangan nominal. Tindakan apa yang harus dilakukan jika terjadi hal tersebut diatas! a. Ganti rotor coil b. Setting Voltage Regulator c. Ganti sikat arang (brush) d. Ganti stator coil e. Setting Voltage Relay | |
3. | Pada saat kunci kontak on mesin mati, lampu CHG menyala. Aliran arus pada saat itu adalah …. a. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- Po-P1 dan masa b. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- P2-P0 dan B c. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- P2-P0 dan masa d. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- P2-P0 dan masa e. Batere-Kunci kontak-fuse-lampu CHG-terminal L- Po-P1 dan B | |
4. | Perhatikan gambar rangkaian komponen sistem pengisian berikut ini! Nomor 2, 3, dan 8 pada rangkaian tersebut adalah terminal... a. N alternator, F alternator, dan L regulator b. B alternator, F alternator, dan L regulator c. F alternator, B alternator, dan IG regulator d. B alternator, N alternator, dan IG regulator e. B alternator, F alternator, dan N regulator | |
5. | Perhatikan gambar pemeriksaan komponen alternator berikut ini! Gambar nomor 1, 2, dan 5 adalah jenis pemeriksan… a. Kebocoran komponen rotor, kebocoran komponen stator, dan terminal B terhadap rectifier b. Kebocoran komponen rotor, hubungan terbuka kumparan stator, dan terminal B terhadap rectifier c. Hubungan terbuka kumparan rotor, hubungan terbuka kumparan stator, dan terminal B terhadap rectifier d. Hubungan terbuka kumparan rotor, kebocoran komponen stator, dan terminal B terhadap rectifier e. Hubungan terbuka kumparan stator, kebocoran komponen rotor, dan terminal B terhadap rectifier | |
6. | Cara kerja alternator yang menggunakan regulator tipe kontak point, apabila kunci kontak "ON" mesin belum hidup, maka yang terjadi adalah .... a. rotor coil menjadi magnet, voltage relay menjadi magnet b. rotor coil menjadi magnet, akan terjadi arus output c. rotor coil menjadi magnet, arus melewati resistor d. rotor coil menjadi magnet, lampu CHG OFF e. rotor coil menjadi magnet, lampu CHC ON | |
7. | Fungsi system pengisian pada kendaraan adalah……... a. Untuk mensuplay arus listrik ke baterai dan sistem penerangan b. Untuk mensuplay arus listrik ke baterai dan sistem pengapian c. Untuk mensuplay arus listrik ke baterai dan sistem stater d. Untuk mensuplay arus listrik ke baterai e. Untuk mensuplai arus listrik ke baterai dan seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan | |
8. | Pada komponen system pengisian yang berfungsi untuk menyearahkan arus bolak-balik menjadi arus searah adalah….. a. rotor coil b. diode rectifier c. stator coil d. kondenser e. kapasitor |
Senin, 28 Februari 2011
Soal Memperbaiki Sistem Pengisian
Soal Memelihara/Servis Sistem AC
1. | Refrigerant berubah dari bentuk gas menjadi cair terjadi pada ..... a. kompresor b. dryer c. evaporator d. kondensor e. katup ekspansi | |
2. | Pada evaporator terbentuk kristal es, komponen yang rusak adalah .... a. thermostat b. kondensor c. kompresor d. blower e. fan | |
3. | Komponen ini berfungsi untuk menampung sementara freon yang mengaalir dan memisahkan kandungan air dalam sistem. Ini dinamakan…. a. kompresor b. dryer c. evaporator d. kondensor e. katup ekspansi | |
4. | Pemyataan yang tidak tepat tentang fungsi sistem AC (air conditioner) mobil adalah.... a, mengotroltemPeratur b. memurnikantemperatur c. mengontrol kelembaman d. mengontrol sirkulasi udara e. memumikan udara (Purification) | |
5. | Perhatikan gambar sistem AC mobil di bawah ini! Kodisi freon pada saluran nomor 3 sampai 4 pada saat mesin hidup adalah.... a. cairan tekanan rendah dan temperatur rendah b. gas tekanan rendah dan temperatur rendah c. cairan tekanan tinggi dan temperatur tinggi d. gas tekanan tinggi dan temperatur tinggi e. cairan tekanan rendah temperatur tinggi | |
6. | Untuk menambah kenyamanan dalam ruang kendaraan dibutuhan sistem pendinginan, agar zat pendingin yang digunakan sebagai media pendinginan dapat bersirkulasi pada rangkaian / sistem AC, maka diperlukan ………. a. Kondensor. b. Pipa kapiler. c. Evaporator. d. Kompresor. e. Gelas kaca. | |
7. | Bagian sistem Air Conditioner yang berfungsi untuk menghubung dan memutuskan poros kompresor dengan poros mesin dan harus dapat bekerja berdasarkan temperatur evaporator adalah ……………. a. Kopling Magnet b. Thermostat c. Katup Expansi d. Motor blower evaporator e. Motor kipas kondensor | |
8. | Komponen yang memiliki fungsi mengalirkan refrigerant pada AC mobil adalah : a. Evaporator b. Expansion valve c. Compressor d. Sigh glass e. Condensor | |
9. | Untuk mengetahui besarnya tekanan pada system AC peralatan servis yang digunakan serta pemasangannya adalah … a. Manifold gauge – condenser b. Manifold gauge – Compressor c. Manifold gauge - dryer d. Manifold gauge – expansi valve e. Manifold gauge – evaporator | |
10. | Refregerant pada bagian diantara kompresor dan kondensor dalam kondisi mesin hidup AC dihidupkan adalah : a. High pressure – gas b. Low pressure – gas c. High pressure – liquid d. Low pressure – liquid e. Low pressure – gas and liquid | |
11. | Urutan aliran refrigerant pada system AC mobil adalah: a. Compresor – Condensor – receiver dryer – Expansi valve – Evaporator b. Compresor – Condensor – receiver dryer – Evaporator – Expansi valve c. Compresor – Condensor – Evaporator - receiver dryer – Expansi valve d. Compresor – Condensor – receiver dryer– Expansi valve – Evaporator – receiver dryer e. Compresor – Condensor – Evaporator – Expansi valve - receiver dryer | |
Soal merawat/servis ringan mesin EFI
1. | Pada mesin jenis EFI untuk mendapatkan campuran bahan bakar dan udara yang sesuai diperlukan informasi data dari … . a. actuator b. air valve c. ECU d. injector e. sensor-sensor |
2. | Fungsi Air Flow Meter yang terdapat pada sistem EFI tipe " L-Type " adalah .... a. mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold b. mengukur temperatur udara yang masuk ke intake manifold c. mengukur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan d. mengatur arus yang mengalir ke ECU e. mengukur temperatur kerja mesin |
3. | Oxygen sensor berfungsi untuk.... a. mendeteksi kadar oksigen di ruang bakar b. mendeteksi kadar oksigen di saluran buang c. mendeteksi kadar oksigen di saluran masuk d. mendeteksi kadar oksigen dan nitrogen di saluran buang e. mendeteksi kadar oksigen dan nitrogen di saluran masuk |
4. | Komponen yang mendeteksi jumlah udara masuk melalui intake manifold pada mesin EFI tipe “D” adalah.... a. air valve b. air chamber c. air flow meter d. throttle position sensor e. manifold absolute pressure sensor |
5. | Air flow meter pada sistem EFI tipe “L – Type” berfungsi.... a. mengukur temperatur udara yang masuk melalui ke intake manifold b. mengukur jumlah udara yang mengalir melalui intake manifold c. mengukur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan d. mengatur arus yang mengalir ke ECU e. mengukur temperatur kerja mesin |
6. | Manifold absolute pressure sensor berfungsi untuk.... a. mendeteksi kerja engine temperature sensor b. mendeteksi kerja air temperature sensor c. mendeteksi tekanan intake manifold d. mendeteksi tekanan air pendingin e. mendeteksi tekanan bahan bakar |
7. | Untuk mendeteksi jumlah udara yang mengalir dalam saluran masuk pada sistem EFI tipe L adalah.... a. air valve b. air chamber c. air flow meter d. throttle position sensor e. manifold absolute pressure sensor |
8. | Sensor yang mengukur perubahan tekanan udara yang terjadi pada saluran masuk yang disebabkan oleh putaran dan beban motor pada sistem EFI adalah.... a. TPS sensor b. MAP sensor c. Oxygen sensor d. WTS e. Starter signal |
9. | Untuk mengontrol jumlah udara yang masuk dalam ruang bakar dan mendeteksi posisi katup gas pada sistem EFI digunakan.... a. air flow meter b. water temperature sensor c. oxygen sensor d. throttle position sensor e. ignition signal |
10. | Jika water temperature sensor pada sistem EFI memberikan data ke ECU kondisi mesin dingin maka campuran bahan bakar dan udara menjadi.... a. normal b. kurus c. gemuk d. ekonomis e. bertambah |
11. | Pemeriksaan pada injector sistem EFI adalah sebagai berikut, kecuali.... a. tahanan dan kebocoran b. jumlah injeksi dan kebocoran c. jumlah injeksi dan arah penyemprotan d. tekanan dan jumlah injeksi e. kerja injector dan arah penyemprotan |
12. | Untuk meningkatkan kemampuan menghidupkan mesin pada saat mesin masih dingin pada mesin EFI menggunakan.... a. Pelampung b. Air Flow meter c. Throtle valve d. Katup Choke e. Cold start injection |
13. | Pada system bahan bakar injeksi elektronik, sensor yang berfungsi mengontrol tekanan udara yang masuk ke dalam intake manifold adalah .... a. Air flow meter b. Throtle position sensor c. Manifold pressure sensor d. Intake air temperature sensor e. Air intake chamber |
14. | Sensor pada system injeksi bensin yang berfungsi untuk mengontrol jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifol adalah.... a. Throtle position sensor b. Manifold pressure sensor c. Intake air temperature sensor d. Air intake chamber e. Air flow meter |
15. | Yang bukan sensor pada system injeksi bensin (EFI) adalah... a. Sensor kecepatan putaran mesin b. Sensor volume udara yang masuk ke intake manifold c. Sensor volume bahan bakar pada tangki bensin d. Sensor pembukaan katup gas e. Sensor temperature udara masuk |
Langganan:
Postingan (Atom)